3 Kesenian Asli Madura Ini Wajib Kamu Tonton!

Madura adalah salah satu pulau di Indonesia dengan segala keunikan didalamnya. Berbagai makanan dan kesenian daerah bisa kamu lihat dan rasakan ketika berkunjung kesana. Nah, berikut ini adalah 3 kesenian khas Madura yang wajib kamu lihat saat berkunjung ke Madura.


1. Kerapan Sapi

Gambar via Flickr

Karapan sapi adalah tradisi khas masyarakat Madura yang digelar setiap tahun pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September, dan dilombakan lagi untuk final pada akhir bulan September atau Oktober. Nggak cuma jadi ajang lomba, tradisi Karapan Sapi ini juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi prestis, yang bisa ngangkat status sosial seseorang, dan udah jadi tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. 


Sejarah awal mula Karapan Sapi nggak ada yang tau pasti, tapi berdasarkan sumber lisan yang diwariskan turun temurun, diketahui Karapan Sapi dilatar belakangi oleh tanah Madura yang kurang subur buat lahan pertanian. Suatu hari, seorang ulama Sumenep, Syeh Ahmad Baidawi (Pangeran Katandur) ngenalin cara bercocok tanam dengan menggunakan sepasang bambu yang dikenal masyarakat Madura dengan sebutan nanggala atau salaga yang ditarik pakai dua ekor sapi. Jadi awalnya mau manfaatin tenaga sapi sebagai pengolah sawah.

2. Kontes Sapi Sonok

Gambar via Flickr

Sapi Sonok juga memiliki cerita sejarah sendiri, dimulai dari kebiasaan para petani di Kabupaten Pamekasan dalam merawat sapi ternak mereka. Setiap sore sapi - sapi betina ini dimandikan setelah itu ditali pada tonggak kayu dan kemudian berjejer rapi.Rupanya hal ini menjadi keisengan para petani untuk melakukan sebuah pemilihan sapi tercantik, termulus dan terbaik. Lambat laun, kontes – kontes kecil inipun berkembang menjadi kontes tingkat desa, kecamatan dan kabupaten dan sejak saat itu sapi - sapi peserta kontes itu dinamai sapi sonok.
Dalam kontes Sapi Sonok ini memang menggunakan sapi betina karena sapi jantan lebih banyak digunakan pada Kerapan Sapi. Jika awalnya kontes Sapi Sonok ini hanya dinilai dari segi fisik saja dengan berjalannya waktu terjadi perubahan dalam penilaian. Selain segi fisik, sepasang sapi betina ini juga akan dinilai dari penampilan aksesorin yang digunakan dan keserasian.

3. Daul Dug-Dug

Gambar via Flickr
Daul dug dug Merupakan kesenian tradisional masyarakat Madura yang sering digunakan untuk membangunkan makan sahur pada waktu bulan ramadhan, berupa Dekor raksasa yang disertai iringan musik khas dug - dug yang unik terdiri dari gabungan berbagai alat musik tradisional sehingga membentuk irama Yang dinamis. kerap disajikan untuk merayakan lebaran ketupat.


Referensi :
https://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?50548-Kesenian-Daul-Dug-Dug
http://www.pulaumadura.com/2015/10/sejarah-tradisi-dan-kontes-sapi-sonok.html
http://www.damniloveindonesia.com/explore/2-culture-heritage/detail/560/mengenal-karapan-sapi-madura,-yuk!
galuhsurya.blogspot.com
galuhsurya.blogspot.com

"Mahasiswa belajar menulis. Suka makan dan tidur."

Mau Berlangganan Artikel Gratis Melalui Email?

0 Komentar pada "3 Kesenian Asli Madura Ini Wajib Kamu Tonton!"

Posting Komentar